Senin, 09 Desember 2013

Fitur Unggulan Android 4.2

androidauthority.com
Badai Sandy membuat Google terpaksa membatalkan agenda event Android hari Senin (29/10/2012) kemarin karena kota New York yang menjadi lokasi acara terletak di dalam jalur badai.

Biarpun begitu, raksasa internet tersebut tetap melanjutkan rencana memperkenalkan sistem operasi Android 4.2 terbarunya. Berlawanan dengan rumor-rumor terdahulu, Android 4.2 tidak memiliki nama julukan "Key Lime Pie", melainkan "Jelly Bean", sama dengan pendahulunya, Android 4.1.

Nah, apa saja perubahan yang dibawa melalui sistem operasi teranyar ini? Berikut ringkasannya menurut deskripsi dari Google seperti dikutip dari Android Authority.

Photo Sphere
android-4-2-jelly-bean-panorama
Fitur Photo Sphere pada Android 4.2 (gambar:androidauthority.com)

Android 4.2 menawarkan fitur kamera baru bernama Photo Sphere. Fitur ini memungkinkan pengguna menangkap gambar panoramik yang meliputi area pandangan luas. Teknologi ini sebelumnya sudah pernah diterapkan dalam Street View Google Maps.

"Swipe" untuk Mengetik

Fasilitas on-screen keyboard pada Android 4.2 mendukung fungsionalitas Gesture Typing, di mana pengguna cukup "menyapukan jari di atas tiap huruf yang diinginkan untuk mengetik, kemudian mengangkat jari setelah mengetik satu kata." Fitur ini juga menambahkan spasi setelah setiap kata secara otomatis.

Dukungan Multi-user
android-4-2-jelly-bean-gesture-typing-multi-user
Gesture Typing (kiri) dan dukungan multi user pada Android 4.2 (gambar:androidauthority.com)

Hal yang satu ini sudah umum dijumpai di komputer desktop dan notebook. Seperti namanya, multi-user support memungkinkan tiap pengguna perangkat mobile untuk memiliki akunnya sendiri (apabila  digunakan oleh lebih dari 1 orang).

Google menjanjikan bahwa tiap akun pengguna dapat merekam semua hal dan kustomisasi yang terkait dengan pengguna tersebut, mulai dari tampilan homescreen, widget, aplikasi, hingga rekaman high-score pada game. Untuk berpindah antar  akun, pengguna tidak perlu melalui tahapan log-in dan log-out.

Output Display Wireless

Pengguna perangkat dengan sistem operasi Android 4.2 dapat menyalurkan keluaran display ke TV layar lebar yang memiliki input HDMI yang terhubung ke adapter wireless display.

Daydream

Ini adalah fitur baru yang memungkinkan perangkat Andorid 4.2 menampilkan "informasi yang berguna" saat berada dalam kondisi idle atau terpasang di dock. Informasi yang dimaksud bisa berupa gambar-gambar dari album foto atau kabar terbaru dari Google Currents.

Notifications Gaya Baru

android-4-2-jelly-bean-gesture-daydream-notifications
Daydream (kiri), dan tampilan baru Notification pada Android 4.2 (gambar:androidauthority.com)

Area notifikasi juga mendapat update dalam Android 4.2. Menurut keterangan Google, pengguna bisa melakukan gerakan swiping dengan jari dari bagian atas layar untuk melihat semua notifikasi dalam satu tempat saja. Notifikasi pun bisa memuat fungsi-fungsi tambahan yang terkait dengan jenis notifikasi yang ditampilkan, misalnya opsi untuk memanggil nomer telepon yang terekam sebagai missed call.

Update Google Search dan Google Now

Search tetap mengandalkan Knowledge Graph dan fungsi voice-search Google, tetapi Google Now memiliki fungsi baru berupa kemampuan untuk mencari spot menarik untuk berfoto di area sekitar, informasi tentang film bioskop yang akan datang, serta beberapa hal lainnya.

Peningkatan Kinerja, Widget, dan Android Beam

Google tidak menjelaskan secara sepesifik peningkatan kinerja yang bisa diharapkan dari Android 4.2. Sistem operasi ini tetap menjanjikan pengoperasian yang mulus serta "respon sentuhan yang lebih reaktif dan seragam".

Hal yang sama berlaku pada widget yang tida berubah dibandingkan Android 4.1.

Perubahan terdapat pada Google Beam yang kini bisa dimanfaatkan untuk berbagi foto dan video, berikut daftar kontak, laman situs internet, video you tube, dan aplikasi  "dengan satu sentuhan saja".

Peningkatan Aksesibilitas

Dengan Jelly Bean versi baru ini, diharapkan pengguna berkebutuhan khusus bisa lebih mudah memakai perangkatnya. Beberapa fitur aksesibilitas baru pada Android 4.2 termasuk screen magnification lewat ketukan tiga jari pada layar. Perangkat tetap menerima input ketika layar sedang dibesarkan.

Pengguna yang memiliki masalah penglihatan juga bisa berinteraksi dengan tablet lewat Gesture Mode untuk navigasi UI dengan sentuhan dan sapuan jari, ditambah speech output.

1 komentar: