Rabu, 28 Agustus 2013

Penjelasan tantang ATA dan BIOS


ATA (Advanced Technology Attachment) : Interface standard untuk harddisk & menggunakan kabel konektor 40 pin. Macam-macam ATA adalah ATA-2, ATA-3, Ultra-ATA, ATA/66,ATA/100 & yang paling baru ATA/133.

Attachment : File yang disertakan dalam pengiriman e-mail.

Auto answer : Suatu fasilitas yang dimiliki oleh sebagian besar modem PC saat ini yang memungkinkan modem memberi respon terhadap suatu hubungan tanpa campur tangan pemakai.

Autonomous System : Sebuah koleksi routers yang dibawah kendali sebuah manajemen tunggal. Sistem ini biasanya memakai sebuah Interior Gateway Protocol (IGP)

 Backbone : Sebuah sentral jaringan yang menghubungkan jaringan tersebut dengan jaringan lainnya. Umum digunakan untuk jaringan regional seperti NEARnet, CERFnet, dan JVNCnet.

Bandwith : Kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus Komputer & komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz. Jika dituliskan dalam Hertz, maka bilangannya menjadi lebih besar, dibanding jika dituliskan dalam bit per second.

Baseband : Sebuah metode transmisi dimana seorang anggota jaringan menggunakan seluruh kisaran frekuensi transmisi untuk mengirimkan sebuah komunikasi satu arah atau sinyal.

BAUD : (1) Sebuah kecepatan transmisi unit data. Angka yang menunjukkan perubahan dari sinyal tertentu per detik. Kadang kala, ekuivalen dengan bits per second
(2) Kecepatan maksimum di mana data bisa dikirim kesebuah channel, misalnya saluran telepon.

BBS ( Bulletin Board System) : Sebuah system komputer yang dapat dipakai untuk berkomunikasi dengan orang atau komputer lain, melalui pesan, pertukaran software dan file dan distribusi data. Selain terkenal dikalangan hobiis, BBS juga dipergunakan di dunia pendidikan dan pemerintahan. Saat ini BBS banyak yang terhubung langsung dengan telnet atau FTP.

Bell Character : Kode pengontrol yang dipakai untuk memperdengarkan audible bell atau tone sebagai alert atau peringatan kepada user ASCII7 dan EBCDIC 2F.

BIOS : Basic Input/Output System yang diinstall pada motherboard. BIOS mengontrol hampir seluruh operasi yang mendasar dan bertanggungjawab dari sejak mulai hidupnya komputer dan meng-inisialisasi hardware. Data BIOS biasanya disimpan pada sebuah chip ROM (Read Only Memory) yang dapat diperbaharui (upgrade) dengan cara ‘flashing’. Upgrade pada BIOS dapat menghindari kesalahan-kesalahan yang dimiliki oleh BIOS yang ada sekarang, untuk mendukung prosesor terbaru, hardware terbaru, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar