Rabu, 28 Agustus 2013

Istilah-Istilah Komputer

my komputer 
3D: Semua orang tahu bahwa 3D adalah 3 dimensi, tapi apakah artinya dalam komputer ? 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasidari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.

Active Open : Proses operasi yang dilakukan oleh suatu client untuk membangun hubungan TCP dengan suatu server.

ACK : Singkatan dari Acknowledgement, sebagian besar protokol data transfer mengirimkan sebuah acknowledgement message, yang menjadi indikasi bahwa sebuah data yang dikirim telah diterima dengan baik. Jika yang di terima oleh pengirim adalah NAK (Negative Acknowledgement) maka berarti data yang dikirim belum sampai. Data yang terkirim berikutnya tidak akan di transfer, sebelum ada ACK. Di sini digunakan sistem Checksum verification. ACK adalah pesan dari mesin, dan tidak terlihat oleh pengguna komputer.

AGP (Accelerated Graphics Port) : Adalah sebuah part grafik berkecepatan tinggi yang mampu menghasilkan koneksi langsung antara display adapter dan memori, AGP lebih cepat dibandingkan PCI. Pada motherboard tipe AGP, hanya terdapat satu buah slot AGP dan memiliki akses langsung ke memori sistem sehingga memori komputer dapat digunakan sebagai tambahan untuk memori video card.

Alert : Sebuah peringatan atau laporan dari suatu keadaan error dalam bentuk kotak tampilan pada layar atau suara yang keluar dari komputer, atau keduanya.

Alu : Arithmetic Logic Unit. Sirkuit CPU berkecepatan tinggi yang bertugas menghitung dan membandingkan. Angka-angka dikirim dari memori ke ALU untuk dikalkulasi dan kemudian dikirim balik ke memori. Demikian juga data-data alfanumerik dikirim ke Alu untuk diperbandingkan. Beberapa chip mempunyai beberapa ALU untuk kepentingan penghitungan yang berbarengan (simultan)

AMI BIOS : Sebuah PC BIOS produksi American Megatredns, Inc. AMI BIOS telah banyak digunakan pada PC desktop.

Amorphous : Sifat tidak dapat memantulkan cahaya atau menyerap cahaya. Contohnya sebuah rewritable optical disk yang dikatakan memiliki spot amorphous state berarti sinar laser tidak dapat dipantulkan melalui lensa itu.

AMR (Audio Modern Riser) : Sebuah kartu plug-in untuk motherboard intel yang memuat sirkuit audio dan/atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog (kode-kode) yang diperlukan untuk operasi modem dan/atau audio.

Anchor : Suatu link atau hubungan hyperteks dalam suatu bentuk teks ataupun grafis, dimana bila diklik di objek tersebut maka akan membawa anda ke suatu dokumen atau alamat lain yang berhubungan.

Anonimous : Suatu situs yang bebas dimasuki oleh netter. Bebas disini dalam arti tidak perlu mempergunakan password. Di dalam situs ini, netter juga bebas untuk meng-copy atau men-download.

Anonymous FTP : Fasilitas transfer file dari dan ke Internet Site (FTP) yang memungkinkan para prmakai Internet mengakses server FTP dengan nama login anonymous dan disertai dengan password E-mail Address-nya masing-masing.

API (Application Programming Interface) : Suatu satuan rutin yang memungkinkan applikasi memberikan layanan yang dibutuhkan oleh system, pada umumnya layanan khusus untuk aplikasi tersebut.

Applet : Program interaktif dan dinamis yang dapat dieksekusi di dalam dokumen Web yang ditampilkan oleh browser yang kompatibel dengan bahasa Java, seperti HotJava atau Netscape Navigator 2.0.

Archie : Suatu fasilitas di Internet yang memberikan kemudahan dalam mencari informasi di antara beribu-ribu FTP site di Internet. Archie menyediakan suatu database yang berisikan indeks informasi dari FTP-FTP site tersebut sehingga pemakai Internet dapat dengan mudah menemukan informasi di FTP site dengan cepat.

ARPAnet : Jaringan yang dikembangkan oleh Advanced Research Project Agency dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat, yang menjadi cikal bakal dari jaringan internet saat ini. ARPAnet ini dibangun pada tahun 1969 yang bertujuan untuk merancang suatu jaringan yang menghubungkan komputer-komputer yang letaknya berjauhan dan memungkinkan komputer-komputer itu untuk bertukar Informasi. Pada tahun 1980 lalu lintas ARPAnet meningkat dengan pesat.

ASCII (American National Standard Code for Information Interchange) : Seperangkat karakter 8 bit untuk mendefinisikan karakter -karakter alphanumeric.

ASR (Automatic Send Receive) : Kemampuan untuk menerima data dan menampilkannya ke printer ataupun mengirimkannya melalui keyboard.

Asynchronous : Metoda komunikasi data serial yang digunakan oleh kebanyakan PC. Data tak sinkron akan dikirim sebagai suatu aliran bit, dengan bit mulai dan berhenti pada awal dan akhir setiap karakter. Waktu interval antara karakter-karakter dapat bervariasi.

AT/ATX : Dua standar tipe motherboard, case, dan power supply. Secara umum motherboard ATX harus digunakan pada case ATX dengan ATX power supply pula. Saat meng-upgrade komputer, anda harus mengetahui tipe anda yang anda pakai untuk menentukan tipe mana yang akan anda cari. Saat ini hampir semua komputer telah memakai ATX, terutama untuk Pentium II, III dan Celeron. Produsen komputer seperti Gateway, Dell, Packard Bell dan Compaq seringkali memiliki standar mereka sendiri. Hal ini sering menimbulkan masalah dan menghambat para pengguna dalam meningkatkan (upgrade) motherboard dan komponen lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar